Cara Kompres Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Penyebab website lambat saat diakses salah satunya ukuran gambar yang terlalu besar. Untuk mencegah hal itu terjadi, anda harus memahami bagaimana tutorial cara kompres foto menggunakan Adobe Photoshop supaya ukuran foto kecil dan website tidak lagi lambat. Sebetulnya ada banyak sekali teknik yang bisa dilakukan supaya ukurn foto kecil, namun disini hanya berfokus menggunakan Adobe Photoshop saja.

Cara Kompres Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Photoshop merupakan aplikasi handal yang sering digunakan dalam melakukan editing gambar, menciptakan logo dan mempertajam kualitas gambar. Dengan segala kehebatan yang terdapat didalamnya, sekelompok orang masih beranggapan cara mengecilkan ukuran foto di Photoshop CS 3 atau CS 6 memerlukan kemampuan khusus yang harus dipelajari cukup lama. Kenyataanya tidak seperti itu, hanya perlu menggunakan beberapa langkah sederhana saja agar foto yang dimiliki ukuranya berubah lebih kecil.

Anda ingin tau bagaimana tutorial cara memperkecil ukuran foto di Photoshop? Teruskan membaca artikel ini agar anda memahaminya.

Cara Kompres Foto Menggunakan Adobe Photoshop Termudah

Sebelum saya mulai penjelasanya, sebagai informai tambahan, Photoshop yang saya gunakan yaitu versi Photoshop CS 6. Jika anda menggunakan versi dibawahnya tidak perlu khawatir, karena langkah-langkah yang digunakan sama saja.

Langkah pertama yang dilakukan bila ingin mengecilkan resolusi foto ialah membuka Adobe Photoshop dan masukan gambar atau foto yang ukuranya ingin anda kompres.

tutorial Kompres Foto Menggunakan Adobe Photoshop
Memasukan gambar ke Photoshop

Jika gambar sudah berhasil anda masukan, sekarang tekan menu File yang berada diatas dan pilihlah Save for Web. Lebih mudahnya dengan menekan ALT+SHIFT+CTRL+S pada keyboard laptop ataupun komputer.

Menu save for web photoshop cs6
Menu save for web

Setelah itu anda akan dibawa ke menu pengaturan. Disini yang harus anda perhatikan yaitu:

  1. Pada kolom pertama menentukan format gambar, pilih format JPG
  2. Kolom ke dua menentukan ketajaman gambar. Pilih yang medium
  3. Kolom ke tiga menentukan kualitas dari gambar, gunakan 50 saja
  4. Kolom ke empat mentukan dimensi gambar, atur sesuai kebutuhan
Mengatur kualitas gambar di Photoshop cs6
Mengatur kualitas gambar

Setelah semuanya anda atur, jangan langsung simpan, tapi klik preview terlebih dulu untuk melihat seperti apa hasilnya setelah anda edit.

Pada halam preview, dibagian bawah gambar terdapat beberapa keterangan seperti format, dimension, size dan lain sebagainya. Perhatikan bagian tersebut dengan benar, terutama pada seize yang menunjukan berapa besarnya file gambar tersebut.

Tampilan halaman preview photoshop cs6
Tampilan halaman preview Photoshop CS6

Apabila size gambar anda merasa kurang kecil, silhkan otak-atik lagi pada kolom yang sudah saya jelaskan diatas. Aturlah setiap bagian kolom hingga menemukan kualitas gambar yang anda harapkan.

Silahkan klik tombol save untuk menyimpan gambar yang sudah selesai anda edit ke dalam komputer.

Kenapa Foto atau Gambar di Kompres?

Ukuran gambar yang terlalu besar, bila anda gunakan pada website artinya memerlukan bandwith yang besar agar gambar tersebut dapat dimuat seutuhnya di layar komputer. Hal itu menyebabkan website lambat dan memerlukan lebih banyak waktu daripada gambar yang berukuran kecil.

Sebuah website yang lambat saat diakses kurang disukai oleh mesin pencari Google, akibatnya peringkat website sulit mendapatkan yang terbaik bahkan bisa dihilangkan dari halaman pencarian mesin pencari manapun.

Sebagai solusi agar loading website tidak lambat, gambar-gambar yang digunakan ukuranya kecil tapi kualitasnya tetap terlihat bagus untuk dilihat. Itulah kenapa foto atau gambar di kompres terlebih dulu sebelum digunakan pada website.

Akhir Kata

Diatas sudah saya bagikan mengenai tutorial cara kompres foto menggunakan Adone Photoshop dengan langkah-langkah yang mudah dan juga sederhana. Saya rasa orang awam sekalipun tidak merasa kesulitan bila ingin mengikuti panduan yang saya ulas ini.

Apabila anda mendapatkan ilmu baru setelah membaca apa yang saya bagikan ini, jangan lupa share artikel ke sosial media yang anda punya agar lebih banyak orang yang tau.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Artikel Terkait

Cara Optimasi SEO On Page
SEO
Ayub

Cara Optimasi SEO On Page

Sebelum memulai seo on page, sebaiknya anda pahami dulu cara optimasi seo on page WordPress maupun Blogspot pada artikel ini. Dalam dunia SEO ada berbagai macam faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan agar website anda bisa duduk manis di peringkat teratas pada halaman hasil pencarian.  Untuk memudahkan anda dalam melakukan optimasi, optimasi SEO terbagi menjadi

Read More »
Plugin Share Sosial Media Gratis untuk Wordpress
SEO
Ayub

Plugin Share Sosial Media Gratis untuk WordPress

Salah satu program yang wajib blogger ketahui adalah plugin share sosial media gratis untuk wordpress. Tentu hal ini guna menunjang penggunaan aplikasi dan menambahkan fitur lainnya yang mungkin saja dibutuhkan. Untuk informasi lengkap plugin sosial media di WordPress yang gratis dan handal, simak ulasan berikut. 10 Plugin Share Sosial Media Gratis untuk WordPress Plugin merupakan

Read More »
Jumlah Keyword Density yang Bagus untuk SEO
SEO
Ayub

Jumlah Keyword Density yang Bagus untuk SEO

Ternyata masih banyak blogger yang belum memahami tentang jumlah keyword density yang bagus untuk SEO. Padahal ini merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan trafic Website. Itulah mengapa, hal tersebut wajib diketahui agar bisa bertahan dalam persaingan. Apa Itu Keyword Density ? Pada dasarnya, jika Anda memahami apa itu Density maka secara otomatis bisa memanfaatkannya

Read More »