Cara Menanam Jahe Agar Cepat Panen

Jahe termasuk jenis tanaman yang dapat ditanam di pot, lahan terbuka, polybag, pekarangan rumah hingga botol bekas. Meski begitu, saat menanamnya diperlukan cara menanam jahe yang benar agar cepat tumbuh, cepat panen dan hasil melimpah. Jika tidak dilakukan yang benar, maka bibis yang anda taam justru tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Cara Menanam Jahe

Jahe termasuk jenis tanaman herbal yang mudah ditemukan dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Tidak sedikit orang yang menanam jahe namun hasil panen yang didapat kurang memuaskan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman bagaimana cara yang benar menanam bibit jahe. Apabila anda baru pertama menanam jahe, sebaiknya simak terlebih dulu tips berikut agar jahe yang nantinya dipanen bisa sesuai dengan harapan anda.

Cara Menanam Jahe di Lahan Terbuka

Jahe yang ditanam pada lahan terbuka umumnya ditanam dalam jumlah yang besar. Jarang sekali yang menanam dalam jumlah sedikit. Lahan terbuka yang dipergunakan untuk menanal bisa berupa tanah kosong yang ada di wilayah rumah anda. Berikut ini langkah-langkah menanam jahe di lahan terbuka.

Memilih Lahan Yang Tepat
Pertama yang harus anda lakukan adalah memilih lahan yang tepat sebelum ditanami. Kualitas tanah yang akan ditanami sangat penting menjadi bahan pertimbangan. Oleh karenanya, periksa terlebih dulu kesuburan tanah yang anda pilih. Tanah yang anda pilih sebaiknya kaya humus, tidak ada kerikil dan mempunyai aerasi udara yang bagus.

Setelah menentukan lahan, selanjutnya anda harus membersihkan lahan tersebut dari tanaman parasit yang dapat menganggu kesehatan tanaman jahe. Siapkanlah cangkul, pupuk serta jerami yang dijadikan sebagai pupuk dasar. cangkul tanah hingga kedalaman 30cm, masukan campuran pukuk dan jerami, diamkan galian tersebut selama 7 hari.

Proses Penanaman

Setelah 7 hari, letakan bibit jahe merah yang sudah anda punya di parit dengan posisi ujung tunas menghadap keatas. Setelah itu tutup dengan tanah, ketebalan kurang lebih lima centimeter. Bila anda tidak tau bibit jahe merah seperti apa yang bagus, bisa bertanya pada orang jual jahe merah yang sudah berpengalaman.

Cara Menanam Jahe di Polybag

Bila tidak ada lahan kosong yang dapat dijadikan media tanam, polybag salah satu alternatif yang bisa dicoba. Cara menanam jahe di Polybag terbilang lebih praktis kaena tidak membutuhkan tempat yang besar dan tidak perlu membuat bedeng seperti di lahan terbuka. Pertumbuhan jahe yang ditanam pada polybag jauh lebih cepat daripada yang di lahan terbuka.

  1. Siapkanlah polybag sesuai kebutuhan dengan ukuran 40×50 cm dan beri lubang dibagian tengah.
  2. Masukan tanah ke dalam polybag
  3. Masukan benih ke polybag dengan bagian tunas kearah atas. Setiap polybag sebaiknya terdapat 2 hingga 5 benih saja.
  4. Tutup benih dengan tanah, ketebalan maksimal 5 cm.
  5. Kemudian tabur jerami diatas tanah.
  6. Letakan polybag ditempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Jahe

Untuk memperoleh hasil panen yang kualitasnya bagus dan jumlahnya banyak, belum cukup hanya dari cara menanamnya saja. Ada hal lain yang harus diperhatikan karena berpengaruh besar terhadap hasil panen serta ada cara mempercepat pertumbuhan jahe. Hal yang harus diperhatikan tersebut diantaranya ialah cahaya matahari, iklim dan suhu. Berikut ini penjelasanya.

Cahaya Matahari
Pada usia 0 hingga 2 bulan, letakanlah tanaman jahe di area yang sejuk dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini bertujuan agar tanaman tersebut tidak gampang layu. Sedangkan pada usia 2.5 hingga 7 bulan, tanaman jahe membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah yang lebih banyak. Pada usia tersebut letakan tanaman jahe ditempat yang lebih banyak terkena sinar matahari.

Iklim
Tanaman jahe sangat cocok ditanam pada daerah subtropis dan trpois. Curah hujan sebesar 2500 s/d 4000 mm yang merata di wilayah tropis berguna sekali dalam membantu pertumbuhan tanaman jahe. Tanaman jahe juga dapat tumbuh subur jika ditanam pada dataran tinggi dengan ketinggian 500 s/d 1000 meter dari permukaan laut. Jika menanam jahe di wilayah dengan curah hujan kurang dari 200 mm, tambahkanlah pupuk organik cair agar pertumbuhan jahe dapat optimal.

Suhu
Jahe memiliki kemampuan yang bagus dalam beradaptasi sehingga dapat membuatnya bertahaan di berbagai suhu udara. Meski demikian, ada ukuran suhu udara tertentu yang bagus untuk pertumbuhan jahe, yakni berkisar 20 hingga 35 celcius.

Itulah ilmu yang dapat saya sampaikan cara menanam jahe di polybag dab lahan terbuka, serta langkah-langkah budidaya jahe yang harus diperhatikan agar jahe yang dihasilkan jumlahnya banyak dan kualitas terbaik.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Artikel Terkait

Cara Optimasi SEO On Page
SEO
Ayub

Cara Optimasi SEO On Page

Sebelum memulai seo on page, sebaiknya anda pahami dulu cara optimasi seo on page WordPress maupun Blogspot pada artikel ini. Dalam dunia SEO ada berbagai macam faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan agar website anda bisa duduk manis di peringkat teratas pada halaman hasil pencarian.  Untuk memudahkan anda dalam melakukan optimasi, optimasi SEO terbagi menjadi

Read More »
Plugin Share Sosial Media Gratis untuk Wordpress
SEO
Ayub

Plugin Share Sosial Media Gratis untuk WordPress

Salah satu program yang wajib blogger ketahui adalah plugin share sosial media gratis untuk wordpress. Tentu hal ini guna menunjang penggunaan aplikasi dan menambahkan fitur lainnya yang mungkin saja dibutuhkan. Untuk informasi lengkap plugin sosial media di WordPress yang gratis dan handal, simak ulasan berikut. 10 Plugin Share Sosial Media Gratis untuk WordPress Plugin merupakan

Read More »
Jumlah Keyword Density yang Bagus untuk SEO
SEO
Ayub

Jumlah Keyword Density yang Bagus untuk SEO

Ternyata masih banyak blogger yang belum memahami tentang jumlah keyword density yang bagus untuk SEO. Padahal ini merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan trafic Website. Itulah mengapa, hal tersebut wajib diketahui agar bisa bertahan dalam persaingan. Apa Itu Keyword Density ? Pada dasarnya, jika Anda memahami apa itu Density maka secara otomatis bisa memanfaatkannya

Read More »