Cara Mencari Long Tail Keyword

Cara mencari long Tail keyword pada dasarnya tergolong mudah, jika Anda benar-benar memahaminya. LTK merupakan sebuah kata kunci lebih panjang serta spesifik jika dibandingkan dengan lainnya. Terlebih saat ini long Tail keyword banyak digunakan blogger.

Anda pelu mencari kata kunci di Google yang ekor panjang, kata kunci tersebut memiliki kemampuan rahasia, yakni dapat membantu keyword utama pada sebuah artikel masuk di rangking utama mesin pencari.

Cara Mudah Mencari Long Tail Keyword

Beberapa Cara Mencari Long Tail Keyword Dengan Mudah

Pada dasarnya, ada banyak sekali cara mencari long Tail keyword (LTK) yang bisa Anda terapkan. Apalagi satu ketersediaan akan aplikasi pendukungnya tergolong sangat menjamur dan blogger dapat memanfaatkannya.

Berikut cara mencari kata kunci ekor panjang (long tail keyword) yang sering digunakan master seo.

Google Suggest

Mencari long Tail keyword dengan menggunakan Google suggest tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu mengetikkan sebuah kata pada mesin pencariannya, maka secara otomatis akan muncul saran keyword atau kueri. Terlebih hal itu didasari oleh informasi statis lengkap.

Kata kunci yang disarankan oleh Google sugges bukanlah sembarang. Keyword tersebut diajukan berdasarkan relevansi serta seberapa banyak orang mencarinya. Mulai dari urutan teratas (terbanyak) dan bawah (sedikit). Jadi, Anda tinggal memilih kata mana yang cocok.

google suggest

Cara Mencari Long Tail Keyword dengan Google AdWords Keyword Planner

Google AdWords Keyword Planner merupakan salah satu alat bantu pencarian kata kunci termasuk long Tail keyword. Metode ini masih sangat diandalkan oleh para blogger agar bisa menemukan keyword yang pas. Apalagi cara menggunakannya pun sangat mudah.

Pasalnya, dengan menggunkan Google AdWords keyword Planner, kata kunci yang diberikan sangat detail dibandingkan lainnya. Anda akan diberikan rekomendasi berbagai keyword berdasarkan relevansi. Setelah itu, akan muncul ide turunan lagi gua memperluas kata kunci.

Mencari Long Tail Keyword di Google AdWords Keyword Planner

Google Related Search

Cara ketiga tak kalah menarik dan mudah dilakukan sama seperti yang lainnya. Biasanya pada mesin pencarian terakhir akan muncul penelusuran terkait atau searches related. Didalamnya terdapat berbagai macam kata kunci yang sering dan pernah digunakan user.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan saran tersebut untuk dijadikan sebuah kata kunci. Terlebih, secara umum yang akan muncul adalah jenis long Tail keyword. Dengan begitu, blogger tak perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun untuk bisa mencari keyword.

Google Related Search

Tujuan Penerapan Long Tail Keyword

Long Tail keyword diterapkan oleh banyak blogger tentu bukan tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan penciptaannya sangat berguna untuk mempermudah pada pencarian serta indeks atas apa yang dicari. Berikut beberapa tujuan dari penerapan jenis long Tail keyword.

Meningkatkan Peringkat Pada Short Tail Keyword

Karena menggunakan long Tail keyword, maka secara otomatis didalamnya terdapat unsur short Tail keyword. Dengan begitu, akan membuat ranked dari STK menjadi lebih naik dan unggul. Alhasil, Anda telah memasuki dan memiliki 2 tujuan yang kemungkinan bisa dicakup.

Dengan menerapkan long Tail keyword, secara tidak langsung juga menyisipkan short Tail keyword. Kemungkinan besarnya ialah diantara keduanya bisa meningkatkan pencarian yang berdasarkan kata kunci masing-masing. Alhasil, baik yang target dan spesifik bisa tercapai.

Memaksimalkan Strategi Blog

Hampir setiap blogger Menerapkan dan mencari long Tail keyword tentu bukan tanpa alasan atau hanya iseng saja. Pasalnya, penggunaan LTK dapat mengoptimasi serta meningkatkan strategi digital marketing melalui edia blog Anda. Langkah ini merupakan cara termudah untuk menaikkan peringkat blog.

Apabila Anda merasa bingung dan kewalahan dalam hal menaikkan peringkat blog, maka tak perlu khawatir karena long Tail keyword bisa membantu. LTK secara otomatis akan memberikan wawasan dan informasi kepada para pembaca. Tentu atas dasar apa yang dicari.

Mempersonalisasi Konten Blog

Secara karakter, Long Tail Keyword biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kata bahkan bisa lebih panjang lagi. Dibalik itu semua, umumnya akan terdapat sebuah deskripsi detail seperti jenis kelamin, lokasi geografis hingga kebangsaan. Tentu hal ini menjadi keuntungan untuk Anda.

Pasalnya, para blogger dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuat berbagai macam konten dengan beragam kategori. Alhasil, berkat keuntungan personalisasi membuat konten lebih tertarget dan menghasilkan pemasaran kontekstual. Tentu melalui penerapan LTK.

Menghadapi Tren Pada masa Mendatang

Penggunaan Long Tail Keyword berdasarkan tujuannya adalah agar konten tetap bersaing pada masa mendatang. Hal tersebut dikarenakan, LTK bersifat lebih komunikatif dan itu merupakan unsur penting dari SEO. Alhasil dapat menyesuaikan algoritma Google searches.

Biasanya, Algoritma dari mesin pencarian Google terbaru mempelajari suatu bahasa pemrosesan yang bersifat alami. Alhasil yang jadi prioritas pencarian yaitu long Tail keyword.

Karakteristik Dari Long Tail Keyword yang Perlu Anda Ketahui

Long Tail keyword sendiri sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Hal tersebut dijelaskan dari berbagai macam karakteristik yang mewakili LTK. Tentu informasi mengenai cirinya wajib Anda ketahui supaya bisa membedakan antara jenis keyword lainnya. Berikut ulasannya.

Baca juga : Cara membuat judul konten terlihat menarik

Terdiri Dari 3 Sampai 5 Kata dan Volume Pencarian Rendah

Karakter dari long Tail keyword yang pertama adalah, biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kata bahkan bisa juga lebih. Secara umum, mungkin dapat dibuat menjadi beberapa kata dan disesuaikan kebutuhan. Namun, normalnya adalah tiga hingga lima karakter sudah cukup.

Namun, hal tersebut bukan berarti bebas dalam menentukan jumlah katanya. Karena long Tail keyword membuatnya menjadi lebih spesifik. Karakter lain dari LTK adalah Volume pencariannya rendah. Hal tersebut dikarenakan, secara teknis kata kunci tidak begitu populer.

Persaingan Rendah dan Tingkat Konversi Tinggi

Karena sifatnya yang tidak populer tentu hal tersebut membuat persaingan menjadi lebih rendah. Sebab, sebagian pihak masih bergantung pada short Tail keyword karena dianggap umum. Namun, banyak perusahaan yang ikut serta agar bisa mendapatkan peringkat atas.

Selain persaingannya rendah, long Tail keyword memiliki tingkat konversi yang terbilang tinggi. Hal tersebut dikarenakan LTK cenderung spesifik jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Alhasil, Google akan menyatakan kepada pengguna yang mencari secara detail sesuai LTK.

Baca juga: Solusi peringkat website turun

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mencari long Tail keyword beserta tujuan penerapan hingga karakteristik. Sebelum Anda benar-benar menerapkan, maka sebaiknya agar dipahami terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar semua metode bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Cara Optimasi SEO On Page
SEO
Ayub

Cara Optimasi SEO On Page

Sebelum memulai seo on page, sebaiknya anda pahami dulu cara optimasi seo on page WordPress maupun Blogspot pada artikel ini. Dalam dunia SEO ada berbagai macam faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan agar website anda bisa duduk manis di peringkat teratas pada halaman hasil pencarian.  Untuk memudahkan anda dalam melakukan optimasi, optimasi SEO terbagi menjadi

Read More »
Plugin Share Sosial Media Gratis untuk Wordpress
SEO
Ayub

Plugin Share Sosial Media Gratis untuk WordPress

Salah satu program yang wajib blogger ketahui adalah plugin share sosial media gratis untuk wordpress. Tentu hal ini guna menunjang penggunaan aplikasi dan menambahkan fitur lainnya yang mungkin saja dibutuhkan. Untuk informasi lengkap plugin sosial media di WordPress yang gratis dan handal, simak ulasan berikut. 10 Plugin Share Sosial Media Gratis untuk WordPress Plugin merupakan

Read More »
Jumlah Keyword Density yang Bagus untuk SEO
SEO
Ayub

Jumlah Keyword Density yang Bagus untuk SEO

Ternyata masih banyak blogger yang belum memahami tentang jumlah keyword density yang bagus untuk SEO. Padahal ini merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan trafic Website. Itulah mengapa, hal tersebut wajib diketahui agar bisa bertahan dalam persaingan. Apa Itu Keyword Density ? Pada dasarnya, jika Anda memahami apa itu Density maka secara otomatis bisa memanfaatkannya

Read More »