Cara Mengganti Password WordPress

Mengganti password WordPress termasuk salah satu langkah yang patut dilakukan untuk menjaga keamanan website yang menggunakan CMS WordPress. Password jika sampai bocor atau diketahui oleh orang lain, akan berdampak fatal pada website. Oleh karenanya, menngganti password sebaiknya dilakukan secara berkala. Nah, bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggantinya, artikel ini membahas mengenai cara mengganti password WordPress dengan beberapa metode yang terbaru dan mudah dilakukan.

cara mengganti password wordpress

Kenapa WordPress banyak digunakan? Produk Content Management System (CMS) buatan Amerika ini memiliki tampilan yang menarik, fitur yang cukup lengkap, tersedia versi gratis maupun berbayar serta tersedia banyak pilihan template yang dapat digunakan gratis.

Selain itu banyak sekali developer plugin yang menciptakan plugin khusus untuk WordPress. Plugin yang tersedia diantaranya, plugin gambar, login, database, plugin seo hingga plugin keamanan. Semuanya tersedia versi gratis ataupun berbayar.

Mengapa Perlu Mengubah Password WordPress?

Masih sedikit yang mengetahui mengapa perlu mengubah password WordPress secara berkala, bahkan hal ini sering kali diabaikan. Pemilik website hal tersebut tidak perlu dilakukan karena selama ini website mereka aman-aman saja. Padahal password yang selama ini digunakan bisa saja sudah diketahui oleh seseorang dan web tersebut bisa diambil alih kapan saja.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui mengapa perlu mengubah password WordPress secara berkala.

Baca juga : Tools digital marketing gratis terbaik

Menutup Akses Masuk Dari Perangkat Lain

Tidak selamanya anda mengakses masuk ke dashboard WordPress menggunakan perangkat yang selama ini sering digunakan. Mungkin saja ada suatu keadaan yang memaksa diri anda untuk mengaksesnya melalui perangkat lain dan lupa logout setelahnya. Hal ini tentu berbahaya jika password tersebut tidak segera diganti yang baru.

Mengamankan Akun Yang Lain

Mungkin saja anda menggunakan password pada WordPress untuk akun yang lainya seperti emai, sosial media, E-Commerce dan lain sebagainya. Apabila password tersebut sudah diketahui oleh orang lain, maka semua akun yang menggunakan password tersebut ikut hilang.

Akun Diambil Alih (Bajak) Orang Lain

Seseorang yang berhasil membajak situs anda, mungkin saja tidak hanya mengambil data yang berguna bagi dirinya, namun data user dan password juga ikut diambil. Bila hal tersebut terjadi pada website bisnis anda, bukankah sangat merugikan?

Menutup Akses Untuk Orang Lain

Dengan alasan tertentu anda pernah memberikan password kepada orang lain dan sekarang anda ingin orang tersebut tidak bisa lagi menggunakan password yang sudah diberikan untuk masuk ke situs anda.

Apabila anda mengalami salah satu dari empat kondisi diatas, perintahkanlah pada WordPress untuk mengatur ulang kata sandi (password) admin website anda dan dalam hitungan detik password sudah diganti baru.

Sekarang ini platform CMS sudah besar menerapkan fitur canggih dan mudah digunakan untuk keamanan website, termasuk juga WordPress melakukan hal yang sama. Dengan adanya fitur tersebut, cara mengganti password WordPress bukanlah suatu hal yang menyulitkan.

Nah, sekarang simaklah bagian inti dari artikel ini, yaitu, bagaimana cara merubah password Untuk CMS WordPress.

3 Cara Mengganti Password WordPress Termudah

Pada bagian artikel ini akan dijelaskan tiga metode cara mengganti password WordPress termudah sehingga anda tidak kerepotan untuk menggantinya. Cara pertama melalui reset password yang terdapat di halaman login, kedua menggantinya melalui halaman dasboard dan yang ketiga melalui database yang terdapat di Cpanel. Mari simak ulasanya bersama-sama.

Cara Merubah Password WordPress Dengan Reset Password

Cara merubah password WordPress dengan reset password merupakan yang paling termudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Silahkan kunjungi halaman login WordPress Anda dan klik tulisan “Lost Your Password”

halaman login wordpress

Langkah selanjutnya, masukanlah email yang anda gunakan di WordPress

Buka email dan carilah email dari WordPress. Untuk merubah password WordPress, klik link yang tersedia.

email dari wordpress

Masukan password baru anda minimal 8 karakter menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter special.

Sudah yakin dengan passwordnya? Silahkan klik tombol “Reset Password” berwarna biru.

tombol reset password wordpress

Sekarang anda sudah berhasil merubah password WordPress lama dengan yang baru. Cara merubah password wordpress ini terbilang mudah dan cepat karena tidak perlu masuk ke halaman dashboard terlebih dulu untuk menggantinya.

Baca juga : Plugin gratis share sosial media WordPress

Cara Mengganti Password Admin WordPress di Dashboard

Cara mengganti password admin WordPress di Dashboard ini khusus untuk pengguna yang masih bisa masuk kedalam dashboard WordPress. Dengan menggunakan cara ini, anda tidak perlu menggunakan email untuk mengganti kata sandi atau password yang lama.

Bila anda tiba-tiba lupa password yang sedang digunakan namun anda masih berada di halaman dashboard WordPress dan sesi login masih ada, cara ini dapat anda pakai untuk mengganti password yang terlupakan.

Seperti ini langkah-langkah cara mengganti password admin WordPress di Dashboard:

Arahkan cursor ke menu User yang terdapat di sebelah kiri, kemudian pilih profile. Pada halaman ini tersaji beragam data milik anda seperti nama pengguna (user name), email, foto profile dan biografi.

halaman profile user wordpress

Perhatikan pada bagian “Account Management” disana tampak tombol “Generate Password”. Untuk mengganti password, klik tombol tersebut dan secara otomatis WordPress akan membuat password baru yang sulit dihafal. Simpan password tersebut sebelum anda menggunakanya.

menu account management wordpress

Langkah terakhir yang anda lakukan ialah klik tombol “Update Profile” yang berwarna biru tua. Dan sekarang password baru sudah bisa digunakan.

tombol update profile wordpress

Cara Merubah Password WordPress di Cpanel

Bagi anda yang menggunakan WordPress di hosting berbayar, cara merubah password di Cpanel ini dapat anda terapkan. Pasalnya bila menggunakan WordPress versi gratis, tidak ada akses untuk masuk ke Cpanel. Apabila anda lupa dengan email yang digunakan dan tidak bisa masuk ke dashboar karena lupa password, cara ini bisa digunakan untuk merubah password.

Setiap terjadi perubahan pada website yang menggunakan CMS WordPress, hal tersebut akan dicatat secara lengkap kemudian disimpan dikedalam database. Didalam database anda akan menemukan banyak sekali informasi penting, diantaranya data user dan password yang anda gunakan. Password yang tersimpan dalam database terbilang aman dan sulit dibobol, sebab WordPress telah menggunakan algoritma MD5 terbaru agar password sulit dipecahkan. Sehingga apaabila ada seseorang yang berhasil masuk kedalam system database, tidak akan terjadi kerusakan yang cukup signifikan pada website.

Berikut ini cara merubah password WordPress di Cpanel yang bisa anda lakukan :

Masuk ke Cpanel melalui halaman hosting yang anda gunakan.

Dihalaman Cpanel, carilah menu “phpMyadmin” seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.

halaman phpmyadmin

Setelah masuk ke halaman phpMyadmin, pilih “database blog” kemudian plih “wp_user”. Berikan tanda pada user yang passwordnya ingin anda ganti. Klik “ubah” seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.

mengganti password wordpress di phpmyadmin

Langkah terakhir yang harus anda lakukan ialah mengganti fungsi pada kolom “user_pass” menjadi MD5 seperti yang terlihat digambar. Kemudian di kolom sebelah kanan masukan password baru yang anda inginkan. Kombinasikan password dengan angka, huruf kecil dan huruf besar agar memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Bila sudah selesai mengisikan password, klik tombol “Go” yang terdapat dibagian bawah untuk menyimpan perubahan data. Sekarang anda sudah bisa login menggunakan password yang baru.

mengganti password wordpress di cpanel

Baca juga : Panduan optimasi seo on page

Cara Mana Yang Terbaik?

Kini anda sudah mengetahui tiga cara mengganti password WordPress setelah membaca artikel diatas. Prosesnya terbilang mudah selama anda masih memiliki email yang anda daftarkan saat membuat website dan bisa masuk kedalam Cpanel yang disediakan oleh layanan hosting.

Ketiga cara diatas memiliki fungsi masing-masing seusai dengan kondisi yang anda alami. Bila ingin cara yang gak pakai repot, gunakanlah cara yang pertama. Kalau ingin mengganti kata sandi atau password saat berada dihalaman dashboard, gunakan cara yang kedua. Bila ingin mengganti password WordPress di phpMyadmin gunakanlah cara yang ketiga.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Artikel Terkait

Cara Pemasaran Dimsum Di Instagram
Umum
Doni

Cara Pemasaran Dimsum Di Instagram

Menggunakan cara pemasaran dimsum di Instagram ialah strategi yang efektif untuk mendongkrak angka penjualan sekaligus mendapatkan pelanggan yang potensial. Bagian ini akan membahas cara-cara pemasaran dimsum yang efektif di platform Instagram. Kami akan mencakup strategi promosi dimsum online dan memberikan tips serta tutorial tentang cara menjual dimsum dengan sukses di Instagram. Apa yang akan Anda

Read More »
Usaha Dimsum Pedas Kekinian
Umum
Doni

Usaha Dimsum Pedas Kekinian: Cara Memulai,Modal & Lokasi

Di sektor kuliner, makanan apa yang sedang tren sekarang ini ? Itu adalah dimsum pedas kekinian! Jika Anda ingin mencoba memulai usaha di industri makanan, dimsum pedas bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan yang layak untuk Anda coba. Tidak hanya dimsum pedas sedang naik daun sebagai tren kuliner, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi usaha kuliner

Read More »
Ide Jualan Makanan Pedas Kekinian
Umum
Doni

Ide Jualan Makanan Pedas Kekinian Yang Untung Besar

Ingin memulai bisnis makanan pedas kekinian yang untung besar ? Kamu telah sampai ke tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan membagikan Ide Jualan Makanan Pedas Kekinian di Indonesia yang sedang trend dan viral. Temukan tren makanan pedas kekinian yang sedang populer di antara para pecinta kuliner. Dengan variasi resep makanan pedas yang kreatif,

Read More »