Jenis Backlink Yang Kurang Bagus Rawan Kena Amukan Google

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis bahwa backlink merupakan unsur yang tidak bisa lepas saat anda mengoptimasi off page website anda. Namun taukah bahwa ada beberapa jenis backlink yang kurang bagus dan rawan terkena amukan Google? Bila belum tau, informasi ini sebaiknya anda simak hingga selesai agar lebih berhati-hati lagi saat mencari backlink.

Jenis Backlink Yang Kurang Bagus

Website memerlukan backlink untuk meningkatkan popularitas. Semakin banyak backlink yang tertaut pada web anda, semakin bagus peringkat yang didapat. Sekitar tahun 2006, sebelum munculnya algoritma Google Panda, blogger bisa dengan mudahnya mendapatkan backlink. Backlink dari situs iklan baris, situs konten dewasa hingga baclink komen di blog gratisan semuanya diembat. Tidak peduli dengan kualitasnya, pokoknya semakin banyak semakin keren peringkat yang didapat. Dulu memang mudah sekali menempatkan web diposisi teratas.

Keadaan berbalik 360 derajat setelah Google meluncurkan Algoritma Panda yang menilai backlink dari segi kualitas, bukan lagi jumlah. Blog-blog yang banyak memiliki backlink kualitas rendah tumbang semuanya disapu oleh panda Google. Gak ada lagi web di halaman utama yang backlinknya spam. Web yang disapu google hukumanya tidak sebatas masuh sandbox, ada beberapa yang terkena deindex.

Dari sedikit cerita diatas, dapat kita simpulkan google mempunyai sifat yang perfeksionis. Hanya mau menempatkan blog atau web di halaman utamanya yang memiliki backlink berkualitas. Oleh sebab itu anda harus hati-hati mencari backlink, jangan sampai membuat google marah kalau ingin web anda diberi posisi yang terbaik oleh google. Mau tau jenis backlink yang tidak disukai oleh Google? Simak ulasanya dibawah ini.

Jenis Backlink yang Kurang Bagus dan Tidak Disukai Google

Backlink Dua Arah

Di era sekitar 2005 silam, backlink dua arah ini cara yang efektif, cepat dan mudah untuk memberikan backlink pada web kita. Saya dan teman-teman termasuk pernah melakukan hal ini. Backlink dua arah adalah blog saya memberikan tautan untuk blog teman dan blog teman memberikan tautan ke blog saya. Kalau memiliki 100 teman blogger, artinya blog kita akan mendapat tautan sebanyak itu.

Tidak lama berselang, google mengkategorikan cara ini sebagai spam dan tidak boleh lagi dipergunakan. Google lebih suka tautan satu arah. Hindari mencari tautan dua arah, jangan sekali-sekali menggunakan lagi metode yang seperti ini demi keamanan web anda.

Backlink Dari Situs Artikel Direktori

AboutUs, spoke.com, Blogarama dan EzineArticles segilintir contoh website artikel direktori yang familiar. Mudah sekali mendapat tautan dari web tersebut apalagi authority blog tersebut masuk dalam kategori lumayan bagus. Setelah hadirnya algoritma panda, tinggalkan mencari tautan dari situs tersebut karena bisa terdampak amukan si panda Google.

Backlink Dari Iklan Banner

Pernah anda memasang banner disitus lain dan memberikan tau ke situs anda? Hati-hati bila masih menggunakan cara ini dan sebaiknya segera ditinggalkan. Google melarang jenis tautan yang diperoleh dengan cara membeli atau menukarnya dengan keuntungan tertentu. Saya kurang paham bagaimana cara google dapat mendeteksi tautan jenis ini.

Backlink Dari Situs Bahasa Asing

Bila blog anda menggunakan bahasa Indonesia namun tautan bersumber dari blog yang menggunakan bahasa lain, anda telah melanggar aturan google. Dalam mencari backlink saya sarankan dari sumber blog yang sama-sama menggunakan bahasa Indonesia agar terlihat lebih relevan.

Backlink Dari Tools Otomatis

Dibalik mudahnya mendapat ratusan bahkan ribuan tautan hasil menggunakan tools backlink otomatis, terdapat hal yang berbahaya bagi blog anda, yaitu boot Google mampu mendeteksi kegiatan yang tidak wajar, dari mana dan bagaimana web anda memperoleh tautan. Google sangat tidak menyukai cara ini, yang disukai google adalah cara yang manual.

Platform Backlink Yang Kurang Beragam

Saat mencari backlink pastikan tidak hanya dari platform tertentu saja, misalnya hanya dari forum. Variasikan platform agar tautan yang anda buat tidak dicurigai google dan web anda tetap aman.

Backlink Komen Dari Blog Spam

Blog spam menurut saya bisa dilihat dari jumlah komentar dan external link yang terdapat pada halaman komentar. Bila jumlah komentar mencapai ribuan, external link ribuan dan ada yang mengarah ke situs dewasa, hal ini termasuk tautan komen dari blog spam. Bila ingin mendapat tautan komentar yang berkualitas, carilah blog yang komentarnya di moderasi.

Itulah beberapa jenis yang kurang bagus dan dibenci oleh Google. Setelah memmbaca artikel ini semoga anda lebih hati-hati dalam mencari tautan untuk situs anda. Jangan melakukan hal bodoh yang membahayakan situs anda. Lebih utamakan kualitas daripada jumlah, hal itulah yang disukai oleh Google.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan komentar

Baca Yang Ini Juga

jasa backlink pbn murah
Backlink
Ayub

Jasa Backlink PBN Murah

Menggunakan jasa backlink pbn murah satu langkah yang tepat dalam optimasi website bisnis, blog maupun perusahaan agar bisa berada diperingkat 10 besar sehingga trafik harian meningkat & omset penjulan turut mengalami peningkatan juga. Hal itulah yang tentunya diingingan setiap pengusaha online dan salah satu cara untuk meraihnya dengan menggunakan PBN dari kami. Akhir-akhir ini angka

Read More »
Jenis Backlink Yang Kurang Bagus
Backlink
Ayub

Jenis Backlink Yang Kurang Bagus Rawan Kena Amukan Google

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis bahwa backlink merupakan unsur yang tidak bisa lepas saat anda mengoptimasi off page website anda. Namun taukah bahwa ada beberapa jenis backlink yang kurang bagus dan rawan terkena amukan Google? Bila belum tau, informasi ini sebaiknya anda simak hingga selesai agar lebih berhati-hati lagi saat mencari backlink. Website memerlukan

Read More »
Cara Cek Backlink Website Kompetitor
Backlink
Ayub

Cara Cek Backlink Website Kompetitor

Ada banyak cara cek backlink website kompetitor yang bisa anda lakukan, bisa menggunakan tools premium atau yang gratisan.  Tools gratisan yang pernah saya gunakan, bagi saya pribadi kurang puas dengan hasil yang ditampilkan. Ada yang hanya menampilkan beberapa saja, hasil laporan tidak bisa di unduh dan lain sebagainya. Padalah saat menganalisa backlink, kita ingin tau

Read More »