Mempercepat Loading Website WordPress

Kecepatan loading sebuah website menjadi penilaian khusus bagi bot Google dalam memberikan peringkat pada website. Untuk itulah anda harus tau bagaimana cara mempercepat loading website WordPress baik secara manual maupun menggunakan bantuan dari plugin.

Mempercepat Loading Website WordPress

Sebuah website yang lambat diakses pengunjung, membuatnya frustasi dan tidak mau lagi membaca informasi yang ada di web anda. Jangan diamkan masalah ini terlalu lama bila ingin bersaing dihalaman utama mesin pencari. Anda harus segera memperbaikinya dengan mempelajari cara meningkatkan kecepatan loading website atau blog agar pembaca senang mengunjungi blog anda. Bila anda belum tau seperti apa caranya, pada artikel kali ini anda bisa belajar cara-cara agar loading website cepat dan mendapat skor diatas 90 saat mengujinya pada Google Speed Insight.

Apa saja yang bisa anda lakukan agar kecepatan loading blog bisa meningkat? Sebelum saya berikan informasi dan penjelasan mengenai hal tersebut, anda perlu tau juga kenapa kecepatan loading pada blog anda merupakan hal yang penting. Simak penjelasanya berikut ini.

Kenapa Loading Website Harus Cepat?

Bila anda masih penasaran kenapa loading website harus cepat, jawabanya adalah pengunjung anda yang menginginkan hal tersebut. Mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menunggi, mereka ingin mendapat informasi secara tepat dan akurat. Pengunjung tidak menyukai bila harus menuggu lama apa yang dicarinya tidak segera muncul pada layar browser.

Menurut data yang saya lansir dari Google, website atau blog yang loadingnya kurang dari 3 detik sering ditinggalkan orang. Batas kesabaran mereka hanya 3 detik saja. Bila web anda kecepatan loading lebih dari 3 detik, jangan sedih bila ditinggalkan orang. Seperti apa caranya untuk mengetahui kecepat blog atau web anda? Mudah sekali. Bisa menggunakan sebuah tools Page Speed Insight yang disediakan oleh Google maupun GTmatrix.

Cara Mudah Cek Kecepatan Loading Website

Untuk mengetahui seberapa cepat kecepatan loading pada web anda, gunakanlah Page Speed Insight yang sudah disediakan oleh google. Tools tersebut tidak hanya menampilkan laporan kecepatan saja, anda juga dapat melihat bagian mana yang sudah bagus dan bagian mana yang harus diperbaiki agar lebih optimal hasilnya.

Cara mudah cek kecepatan loading website dengan Page Speed Insight lebih disukai penggiat jasa seo profesional karena laporanya lengkap dan disertai pula petunjuk cara memperbaiki bagian tertentu yang masih bermasalah.

kecepatan loading website abimanaseo

Gambar yang anda lihat diatas adalah laporan page speed untuk website ini. Nilainya belum sempurna, tapi sudah masuk dalam kategori diatas rata-rata. Mau tau caranya mendapat penilaian pagespeed score seperti gambar diatas? Saya berikan triknya khusus untuk anda.

7 Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Hapus Plugin Yang Tidak Berguna

Langkah pertama cara mempercepat loading website dengan menghapus plugin yang tidak berguna. Jangan mentang-mentang bisa digunakan secara gratis lantas semua plugin anda instal. Namun saat memilih plugin yang diperhatikan ialah fungsinya dan benar-benar berguna untuk website anda. Selain menambah beban server hosting, penggunaan plugin yang sembarangan bisa menyebabkan eror yang fatal.

Masih banyak saya jumpai dengan alasan menjaga keamanan blog, digunakanlah plugin security untuk wordpress lebih dari satu, misalnya menggunakan Wordfrence Security dan plugin All in one Firewall. Bila keduanya digunakan bersamaan, bukan keamanan yang meningkat, justru eror pada website yang meningkat.

Optimasi Ukuran File Gambar

File gambar dengan ukuran 2mb bila anda gunakan menjadi beban untuk server hosting dan mengakibatkan website lambat ketika diakses. Dalam menggunakan gambar sebaiknya pilih yang ukuran filenya kurang dari 300 kb. Bila sudah anda sudah terlanjur menggunakan yang ukuranya besar, anda bisa mengkompres ukuranya dengan menggunakan plugin WP Smush atau Imagify.

Optimasi Dimensi Gambar

Selain menggunakan gambar yang berukuran kecil, dimensi gambar juga perlu anda perhatikan. Dalam penjelasan belajar seo untuk pemula sudah saya sampaikan sebelumnya, gambar mempengaruhi seo on page, sehingga jangan menngabaikan hal ini. Dimensi gambar yang idel digunakan 600 x 400 px.

Gunakan Plugin Cache

Siapa penemu jam tangan pertama kali? Saya yakin untk menemukan jawabanya anda harus mencari dulu di internet baru menemukan jawaban Peter Henlein dan menyimpan jawaban tersebut di memori anda. Jika pertanyaan saya tanyakan sekalilagi, anda sudah tau jawabanya tanpa harus mencari di internet karena sudah tersimpan pada memori anda. Seperti itulah gambaran sederhana cara kerja plugin cache.

Saat orang mengunjungi situs anda dengan browser tertentu, browser melakukan pemanggilan banyak url dengan proses panjang hingga web anda ditampilkan secara utuh. Bila web atau blog anda tidak menggunakan plugin cache terbaik untuk WordPress, maka rangkaian panjang tersebut selalu terjadi saat orang mengunjungi blog anda. Dampakanya loading website menjadi lama karena tidak ada cache. Plugin cache yang sering digunakan antara lain WP Rocket, W3 Total Cache, WP Super Cache dan WP Fastest Cache.

Membatasi Tampilan Jumlah Postingan

Dalam satu halaman, anda bisa menampilkan semua artikel yang sudah di posting. Namun hal itu berdampak kurang baik karena menyebabkan loading website lambat. Semakin banyak postingan yang tampil dalam satu halaman, semakin banyak juga waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan web atau blog secara utuh.

Menggunakan GZip Compression

GZip Compression memiliki kemampuan dalam memperkcil ukuran file CSS, HTML, json, Javascript hingga font. Kompresi tersebut berguna untuk meringankan kerja server sekaligus menghemat bandwith hosting yang digunakan untuk web anda sehingga loading website bisa bertambah cepat dari sebelumnya.

Dengan mengaktifkan fitur GZip Compression, orang yang mengunjungi blog anda merasa senang karena tidak perlu waktu lama untuk menunggu web anda ditampilkan secara utuh pada browser. Untuk mengaktifkan fitur ini, tambahkan script berikut pada file .htaccess yang terdapat di cPanel.

# setting untuk gzip
<IfModule mod_filter.c>
<IfModule mod_deflate.c>
AddOutputFilterByType DEFLATE “application/atom+xml” \
“application/javascript” \
“application/json” \
“application/ld+json” \
“application/manifest+json” \
“application/rdf+xml” \
“application/rss+xml” \
“application/schema+json” \
“application/vnd.geo+json” \
“application/vnd.ms-fontobject” \
“application/x-font-ttf” \
“application/x-javascript” \
“application/x-web-appmanifest+json” \
“application/xhtml+xml” \
“application/xml” \
“font/eot” \
“font/opentype” \
“image/bmp” \
“image/svg+xml” \
“image/vnd.microsoft.icon” \
“image/x-icon” \
“text/cache-manifest” \
“text/css” \
“text/html” \
“text/javascript” \
“text/plain” \
“text/vcard” \
“text/vnd.rim.location.xloc” \
“text/vtt” \
“text/x-component” \
“text/x-cross-domain-policy” \
“text/xml”
</IfModule>
</IfModule>

Gunakan Kode Embed Pada Video

Pengunjung lebih betah berada di suatu halaman artikel yang dilengkapi dengan video. Cara ini sering digunakan blogger kawakan untuk mengurangi bounce rate yang tinggi.

Meski demikian, video yang akan anda gunakan untuk melengkapi artikel jangan langsung diunggah pada postingan. Sebaiknya anda unggah pada Youtube dan gunakan kode Embed pada postingan anda. Embed video ini bertujuan untuk menghindari beban kerja yang berat pada server web sehingga hasilnya loading web semakin kencang.

Menggunakan Hosting Yang Terbaik

Jika semua cara diatas sudah dilakukan namun kecepatan loading belum maksimal, kemungkinan yang menjadi masalah dari sisi hosting. Tidak jarang dengan berpindah hosting, kecepat website bisa meningkat 1-3 detik. Salah satu ciri hosting yang bagus sudah menggunakan teknologi SSD Server, bukan HDD Server.

Perhatikan pula jumlah pengunjung website anda dan bandingkan dengan kapasitas hosting yang digunakan. Bila anda merasa jumlah visitor hampir mencapai batas maksimal hosting, segeralah beralih menggunakan paket hosting yang kapasitasnya lebih besar. Itulah kenapa memilih hosting yang terbaik, bergaransi dan murah penting anda lakukan.

Itulah ulasan cara mempercepat loading website WordPress yang dapat saya sampaikan kali ini. Sekarang cobalah lihat berapa skor kecepatan loading web anda, bila kurang memuaskan cobalah langkah-langkah diatas dan semoga web anda bisa bertambah cepat saat diakses pengunjung.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan komentar

Baca Yang Ini Juga

jasa backlink pbn murah
Backlink
Ayub

Jasa Backlink PBN Murah

Menggunakan jasa backlink pbn murah satu langkah yang tepat dalam optimasi website bisnis, blog maupun perusahaan agar bisa berada diperingkat 10 besar sehingga trafik harian meningkat & omset penjulan turut mengalami peningkatan juga. Hal itulah yang tentunya diingingan setiap pengusaha online dan salah satu cara untuk meraihnya dengan menggunakan PBN dari kami. Akhir-akhir ini angka

Read More »
Jenis Backlink Yang Kurang Bagus
Backlink
Ayub

Jenis Backlink Yang Kurang Bagus Rawan Kena Amukan Google

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis bahwa backlink merupakan unsur yang tidak bisa lepas saat anda mengoptimasi off page website anda. Namun taukah bahwa ada beberapa jenis backlink yang kurang bagus dan rawan terkena amukan Google? Bila belum tau, informasi ini sebaiknya anda simak hingga selesai agar lebih berhati-hati lagi saat mencari backlink. Website memerlukan

Read More »
Cara Cek Backlink Website Kompetitor
Backlink
Ayub

Cara Cek Backlink Website Kompetitor

Ada banyak cara cek backlink website kompetitor yang bisa anda lakukan, bisa menggunakan tools premium atau yang gratisan.  Tools gratisan yang pernah saya gunakan, bagi saya pribadi kurang puas dengan hasil yang ditampilkan. Ada yang hanya menampilkan beberapa saja, hasil laporan tidak bisa di unduh dan lain sebagainya. Padalah saat menganalisa backlink, kita ingin tau

Read More »