Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjam modal usaha tanpa jaminan saat ini sudah bisa ditemukan pada banyak lembaga, baik pemerintahan maupun swasta. Bank, koperasi, pegadaian, semuanya sudah menyediakan layanan tersebut untuk semakin memudahkan aktivitas masyarakat Indonesia, baik keperluan pribadi maupun bisnis yang sedang dijalankan.

Cara Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan terbukti berhasil

3 Syarat Pinjam Modal di Bank Tanpa Jaminan

Layanan yang diberikan bank ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik. Namun ternyata banyak sekali kendala karena ketidaktahuan masyarakat terhadap syarat-syarat dari Bank atau lembaga lainnya. Nah berikut ini informasi penting meminjam uang untuk modal usaha, apa sajakah itu?

1. Mempunyai Konsep Bisnis atau Usaha yang Jelas

Modal usaha online bisa didapatkan ketika Anda berhasil menyakinkan pihak bank atas bisnis yang akan dimulai. Biasanya mereka akan mempertimbangkan beberapa hal dari data yang sudah diberikan oleh calon peminjam tersebut. Oleh karena itu pastikan mempunyai bahan alasan jelas agar berhasil.

Baca juga : Kata-kata yang menarik untuk promosi

Buatlah detail dengan jelas mengenai rincian dan tujuan dari usaha tersebut. Latihlah cara bicara, persiapkan materi yang matang agar pihak bank merasa yakin kalau bisnis tersebut memiliki prospek yang cerah di kemudian hari. Tunjukan bahwa ini bukanlah iseng saja, buat mereka paham dan merasa percaya.

2. Lengkapi Persyaratan dengan Baik

Seringkali orang-orang terlalu menggampangkan untuk kelengkapan syarat yang dibutuhkan untuk modal usaha tanpa agunan. Padahal ini juga menunjukan ketidak seriusan terhadap perencanaan bisnis tersebut. Tentunya ini berdampak pada penilaian minus pihak bank.

Setiap bank tentunya mempunyai syarat yang berbeda-beda. Namun dokumen yang biasanya dipersiapkan antara lain adalah laporan keuangan, fotokopi e-ktp, kartu keluarga, mutasi keuangan, atau slip gaji tiga bulan sebelumnya dari perusahaan, serta kelengkapan dokumen lainnya.

  1. Selalu Ramah Kepada Pihak Bank

Butuh dana untuk modal usaha menandakan Anda harus mempersiapkan diri dengan lebih lagi. selalu berpenampilan rapi dan tersenyum untuk memberikan citra yang positif. Jangan sampai pihak bank sampai merasa tersinggung atas sikap atau perkataan tidak pantas, sengaja maupun tidak.

Ketika sedang berbicara dengan pihak bank, usahakan agar tetap tenang dan tidak terburu-buru, utarakan semuanya dengan pelan-pelan saja. Banyak pertanyaan yang harus dijawab, jika Anda tegang maka semuanya bisa menjadi kacau karena gugup sehingga jawaban terkesan tidak ada hubungannya.

3 Syarat Pinjam Tanpa Jaminan di Koperasi

Selanjutnya ada koperasi juga yang menyediakan fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang terpercaya dan recomended juga untuk dicoba. Ini dia cara mendapatkan modal usaha dari kementerian koperasi dan UKM, tidak jauh berbeda dengan Bank namun tetap ada syarat lain lebih spesifik dan detail juga.

1. Menjadi Salah Satu Anggota Koperasi

Cara mendapatkan modal tanpa jaminan untuk koperasi adalah dengan menjadi anggota tetap dari lembaga tersebut. Syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah Anda diharuskan menjadi seorang warga negara Indonesia asli, juga membayar simpanan wajib dan pokok sesuai peraturan dan ketentuan.

Selain itu menjadi seorang anggota koperasi juga harus turut serta menyetujui setiap keputusan rapat tahunan yang dilakukan pengurus. Tak hanya itu ada juga beberapa anggaran seperti rumah tangga dan dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan diterapkan oleh koperasi tersebut.

2. Mengisi Data-data yang Diberikan

Berbeda dengan Bank, karena di koperasi Anda sudah menjadi anggota maka tinggal mengisi beberapa berkas dokumen yang diberikan. Biasanya dalam data tersebut membutuhkan data-data seperti nomor pokok wajib pajak atau NPWP, namun ini tidak diwajibkan. Hanya untuk pinjaman dana di atas 50 juta.

Untuk beberapa pinjaman yang sifatnya masih dibawah 50 juta biasanya tidak menggunakan nomor NPWP. Kemudian menyerahkan data-data juga seperti KTP, kartu keluarga, slip gaji dan bukti rekening koran dari Bank. Kemudian ada surat nikah bagi pasangan suami istri. Barulah bisa pinjam modal usaha tanpa jaminan.

3. Mengajukan Pinjaman

Kemudian setelah mengisi beberapa persyaratan tersebut barulah Anda bisa mengajukannya ke pihak koperasi. Biasanya pengajuan tersebut memang tidak langsung disetujui juga. Membutuhkan waktu paling lambat sampai tujuh hari. Jadi Anda harus siap untuk menunggu. Itu sudah persyaratan wajib.

Baca juga : Caption menarik untuk promosi makanan di Instagram

Biasanya pihak koperasi akan memberikan kabar pinjam modal usaha tanpa jaminan yang anda ajukan melalui nomor telepon atau sudah ada kesepakatan berapa lamanya harus menunggu. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips untuk memilih koperasi maupun bank dengan yang siap memberikan pinjaman tanpa adanya jaminan.

Tips Memilih Bank atau Koperasi Untuk Mengajukan Pinjaman

Koperasi dan Bank menjadi salah satu cara mengumpulkan modal usaha dengan cepat. Melalui lembaga tersebut bisnis akan mudah dilaksanakan. Walaupun sudah tersedia beberapa kantor cabang yang ada di perkotaan maupun pedesaan, Anda tetap harus memilih dengan benar agar tidak mengalami kekecewaan. Oleh karena itu, sebisa mungkin perhatikan dan lakukan beberapa tips berikut:

1. Proses Pencarian yang Tidak Terlalu Lama

Pertama pertimbangkan waktu pemrosesan dari lembaga tersebut. Semakin cepat proses yang dilakukan maka akan semakin bagus. Tanyalah semua syarat dan ketentuan pada teller yang melayani. Tanyakan secara jelas terkait berapa lama waktu pemrosesan dari pengajuan tersebut.

Selain memperhitungkan lamanya waktu pemrosesan, Anda juga harus memperjelas tentang transparansi biaya yang diberikan. Berapa banyak potongan dan bunga yang akan diterima. Jadi silahkan ajukan saja pertanyaan sampai jelas agar nantinya bisa diperjelas kesanggupannya.

2. Transparansi Biaya

Carilah bank atau koperasi yang memberikan transparansi jelas terkait dengan biaya hal-hal peminjaman. Lakukan survei terkait dengan berapa bunga yang harus dibayarkan, pilihan jangka waktu yang akan diberikan, biaya administrasi, serta tambahan hitungan-hitungan lainnya.

Calon nasabah harus sudah memahami segala resiko, keuntungan dan kelebihan yang akan didapatkan dari lembaga tersebut. Dengan begitu kesepakatan akan terjadi antara kedua belah pihak. Hingga tanda tangan materai hitam diatas putih. Intinya periksa dengan teliti dan jangan tergesa-gesa.

3. Kemudahan Persyaratan

Kemudian pertimbangkan permintaan pemenuhan pemberkasan yang diberikan. Kemudahan persyaratan bisa menjadi keuntungan bagi calon nasabah tersebut. Biasanya bila Anda menginginkan syarat yang mudah maka bisa mencoba menggunakan aplikasi pinjaman online.

Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah proses menunggu yang tidak terlalu lama serta kemudahan syarat yang diberikan. Serta paling penting adalah tidak adanya jaminan yang diberikan, hanya mengisi formulir dan beberapa kelengkapan data pribadi seperti KTP, kartu keluarga, dan semacamnya.

4. Fleksibilitas Waktu dan Persyaratan

Salah satu keuntungan melakukan survey adalah bisa mengetahui lebih jauh perbedaan antara lembaga satu dengan yang lainnya. Semakin fleksibel bank atau koperasi tersebut maka akan semakin banyak pula peminatnya, namun biasanya kemudahan persyaratan bukan berarti pencairan juga mudah.

Itulah susahnya menemukan tempat mana yang menyediakan fleksibilitas antara keduanya yakni waktu pencairan nominal yang diberikan disertai dengan kemudahan persyaratan yang diberikan. Jika menemukan keduanya pastikan Anda memilih tempat tersebut sebagai pembiayaan modal usaha.

5. Punya Layanan Konsumen

Kemudian Anda juga patut memperhitungkan perihal ada atau tidaknya fasilitas layanan konsumen secara online. Walaupun tidak begitu dibutuhkan setiap saat, namun sewaktu-waktu akan tetap berguna untuk kepentingan mendesak yang harus ditanyakan saat itu juga.

Inilah keuntungan jika Anda meminjam dana dari Bank negara, terdapat fasilitas layanan konsumen yang memungkinkan untuk selalu tersedia secara 24 jam. Selain koperasi dan bank, ada juga pinjaman berbasis online saat ini tengah menjadi tren dan direkomendasikan untuk pengajuan dana mendadak.

Apa Itu Pinjaman Online, Keuntungan dan Kelebihan

Pinjaman online merupakan salah satu platform yang menyediakan pinjaman dana dengan tenor atau batas tertentu. Sama halnya dengan bank atau koperasi mereka juga memberikan kucuran uang tanpa harus memberikan sebuah jaminan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online.

  • Pencairan dana maksimal hanya 1 x 24 jam saja.
  • Persyaratan data yang sederhana
  • Batas waktu pelunasan cukup singkat
  • Bunga yang tidak begitu tinggi
  • Tidak bisa mengajukan pinjaman terlalu tinggi
  • Tidak ada proses survey
  • Tidak adanya jaminan barang apapun.

Itulah beberapa poin singkat mengenai pinjam modal usaha tanpa jaminan yang bisa dilakukan tanpa adanya penangguhan, semoga bermanfaat dan bisa membantu. Namun pastikan juga mengetahui apa saja hal yang harus Anda tanggung sebelum menyepakai perjanjian “hitam di atas putih”.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan komentar

Baca Yang Ini Juga

Cara Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan terbukti berhasil
Artikel
Ayub

Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjam modal usaha tanpa jaminan saat ini sudah bisa ditemukan pada banyak lembaga, baik pemerintahan maupun swasta. Bank, koperasi, pegadaian, semuanya sudah menyediakan layanan tersebut untuk semakin memudahkan aktivitas masyarakat Indonesia, baik keperluan pribadi maupun bisnis yang sedang dijalankan. 3 Syarat Pinjam Modal di Bank Tanpa Jaminan Layanan yang diberikan bank ini tentunya harus dimanfaatkan

Read More »
Kumpulan Kata yang Menarik untuk Promosi
Artikel
Ayub

Kumpulan Kata Yang Menarik untuk Promosi

Di jaman yang sudah serba digital ini, tak sulit untuk mencoba mendirikan suatu bisnis dengan modal seadanya saja. Meskipun demikian Anda tetap harus memperhatikan faktor-faktor penentunya seperti melakukan branding yang matang serta menggunakan kumpulan kata yang menarik untuk promosi. Contoh Kata yang Menarik Untuk Promosi Coba anda perhatikan penjual yang menawarkan makanan di sosial media,

Read More »
Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram
Artikel
Ayub

Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram

Kata-kata promosi makanan di Instagram memang cukup mempengaruhi keberhasilan suatu usaha. Sebab, saat ini kesadaran masyarakat Indonesia sudah semakin tinggi perihal pentingnya melakukan kegiatan bisnis secara online. Keuntungan yang banyak membuat siapapun bisa mencoba masuk ke dalamnya, tak terkecuali ibu rumah tangga. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Online Jika Anda mempunyai bisnis online, maka harus

Read More »